Kamis, 30 Agustus 2018

Mengasah Karakter Siswa Melalui Program Sekolah "Live In"

Karakter siswa adalah salah satu hal penting dalam dunia pendidikan. Ada 4 aspek kompetensi dalam kurikulum 2013 yaitu aspek sikap meliputi spritual dan sosial serta aspek pengetahuan (kognitif) dan psikomotorik. Dalam pengembangan karakter banyak metode untuk mengembangkan karakter pada siswa, salah satunya adalah kegiatan "Live In". Live In merupakan suatu kegiatan sekolah dimaana para siswa tinggal di suatu tempat yang baru dalam jangka waktu tertentu untuk mempelajari berbagai hal di tempat baru tersebut. Biasanya mereka akan ditinggal di rumah-rumah yang telah dipersiapkan. Mereka dapat menyebut orang tua yang ditempati sebagai "orang tua angkat". Kegiatan Live In memerlukan persiapan khusus terutama perijinan terkait dengan instansi-instansi seperti pemerintahan daerah atau Kedutaan Besar jika ke luar negeri. Selain masalah teknis, yang perlu disiapkan dengan baik adalah para siswa yang akan menjadi peserta Live In. Program kegiatan disiapkan dengan deatail agar tujuan dan manfaat Live In dapat tercapai dengan maksimal. Berikut beberapa tujuan Live In bagi para siswa: 

1. Pengalaman di tempat baru
Dengan tinggal dan menginap di tempat yang baru, akan menimbulkan pengalaman baru bagi para siswa. Apalagi jauh dari rumah dan orang tua mereka. Rasa solidaritas akan tumbuh pada sesama teman, karena mereka bersama-sama di tempat yang asing. 

2. Budaya dan Bahasa
Di tempat yang baru mereka akan mempelahari berbagai hal baru. Walaupun di lain daerah yang terdekat sekalipun dengan sekolah, tetap akan dijumpai budaya serta budaya yang tidak sama dengan tempat asal para siswa, apalagi jika Live In di luar negeri. Perlu dihindari perbuatan/sikap siswa yang dapat menyinggung atau tidak nyaman orang tua angkat di tempat Live In. 


3. Keberagaman
Dengan mengikuti L:ive In, dapat membuka wawasan siswa akan keberagaman yang ada dalam masyarakat. Siswa semakin membuka diri dan menerima perbedaan, agar tidak terjebak dalam wawasan yang sempit sesuai dengan pepatah "Seperti Katak Dalam Tempurung"

4. Sikap Sosial
Dengan masuk dalam masyarakat baru dan komintas baru pada kegiatan Live In, siswa dapat meningkatkan rasa sosial mereka. Hal-hal baru yang berhubungan antar manusia dapat meningkatkan karakter siswa dalam bersikap sosial dengan berhubungan pada sesama.

5. Kemandirian dan Daya Juang
Hal-hal baru dengan berbagai program kegiatan yang dilakukan oleh siswa di tempat Live In, tidak menutup kemungkinan akan terjadi masalah-masalah yang harus dihadapi siswa. Mau tidak mau siswa belajar untuk mandiri dan tidak tergantung pada orang tua. Hal ini dapat meningkatkan daya juang siswa untuk mencapai tujuan agar program dapat terlaksana

6. Berbela Rasa
Puncak dari Live In adalah meningkatkan rasa berbela rasa dari siswa. Bagaimana siswa dapat semakin menyadari dan meningkatkan kepekaan atas masalah masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan mereka. Siswa diharapkan lebih berempati dan semakin mensyukuri keberadaannya dalam keluarga mereka setelah melakukan kegiatan Live In. 

Berikut beberapa foto-foto kegiatan Live In tahun 2018 yang dilakukan oleh SMA Tarakanita Gading Serpong di Gantang Magelang jawa Tengah:











































































































***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar