Rabu, 29 November 2017

10 Tempat Asyik Menimba Ilmu di Bandung (Pembelajaran Luar Sekolah 2016)


Kota Bandung, yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat menjadi salah satu magnet untuk dikunjungi. Baik bagi pariwisata sekedar jalan-jalan ataupun untuk belajar pagi siswa. Secara transportasi sangat mudah dijangkau jalur udara dengan pesawat, atau jalur darat dengan kereta api atau dengan kendaraan. Apalagi dengan adanya tol Cipularang yang semakin memperpendek waktu tempuh dari Jakarta. Berikut beberapa sumber belajar yang direkomendasikan jika Bandung menjadi salah satu tujuan belajar:  
1. Museum Geologi Bandung
Dibawah Badan Geologi Kementerian ESDM (Energi dan sumber Daya Mineral), museum ini menyajikan banyak hal mengenai kehidupan geologi manusia, koleksi fosil dan batuan, yang sangat bermanfaat untuk pembelajaran dan penelitian. 

Siswa mengamati koleksi fosil di Museum Geologi

2. Observatorium Bosscha
Terletak di daerah Lembang, obervatorium ini memiliki teleskop bintang yang cukup besar dan sampai sekarang masih digunakan untuk penelitian dibawah Institute Teknologi Bandung dalam pengembangan astronomi. Untuk umum, dapat dibuka dengan reservasi terlebih dulu. Pengamatan malam hari hanya dapat dilakukan pada bulan tertentu, 

Siswa SMA mengamati teleskop bintang
Observatorium Boscha
3. Komunitas Hong
Komunitas Hong merupakan salah satu komunitas yang digerakkan masyarakat Bandung secara swadaya. Dalam komunitas ini dikembangkan kajian budaya berupa permainan serta kearifan lokal dari Indonesia dan  juga dari negara-negara yang ada di dunia. Komunitas Hong dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi di Bukit Pakar Utara No 26 Ciburial Cimenyan Bandung Jawa Barat.
Siswa siswa mengenal mainan tradisional
 di Komunitas Hong

4. Saung Udjo
Jika berbicara tentang angklung, maka tidak lepas dari komunitas Saung Udjo. Di Saung Udjo, merupakan pusat pengembangan alat musik tradisional asli dari daerah Jawa Barat yang beralamat di Jln. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Pementasan angklung Saung Udjo sudah sampai ke manca negara selalu mendapat apresiasi yang tinggi. Di sini dapat dilihat pementasan secara langsung,  cara pembuatan angklung maupun workshop. Lokasi yang sangat mudah dijangkau, membuat Saung Udjo selalu ramai, apalgi saat musim libur sekolah atau dari rombongan wisatawan.
Pertunjukkan di Saung Udjo

5. Kopi Luwak Cikole
Bila sudah tiba di daerah Lembang, tidak salahnya untuk mampir ke Kopi Luwak Cikole  Jl. Nyalindung No.9, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Apalagi untuk pencinta kopi atau untuk para siswa yang ingin belajar mengenai kopi. Disini dapat belajar prosedur memproduksi kopi luwak yang sesuai dengan standar. 
Mendengarkan penjelasan di Kopi Luwak Cikole
6. Wisata Ulat Sutra
Ada satu wisata yang memperkenalkan tentang budidaya ulat sutra terletak di Jl. Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kp. Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung. Lokasi cukup jauh dari pusat kota karena berada diketinggian 700 meter, tempat yang cocok untuk perkembangbiakan ulat sutra. Di sini dapat dilihat budidaya ulat sutra, reeling benang dan penenunan kain sutra, Selain itu juga tersedia workshop kerajinan tangan dari ulat sutra, sangat bermanfaat untuk pengetahuan.

7. Museum Konferensi Asia Afrika
Museum Konferensi Asia Afrika terletak di Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung. Museum ini didirikan untuk memperingati pertemuan para pemimpin negara-negara Asia Afrika di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955 yang melahirkan Dasa Sila Bandung.

8. Wisata Ciater
Wisata Ciater dapat digunakan sebagai wahana pendidikan yaitu pengukuran kecepatan fluida dan kandungan zat kimia pada pemandian wisata air panas di Ciater. Tingkatan yang cocok adalah jenjang untuk Usia SMP, SMA atau mahasiswa.

9. Puspa Iptek Sundial
Puspa Iptek Sundial atau Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jam Matahari terletak di Jalan Raya Padalarang No.427 Bandung 40553 Telp/Fax 022 - 681 0099 HP 0811 223 080 untuk telp/sms/WA/LINE info seputar kunjungan dan reservasi. Dengan adanya wahana pendidikan ini merupakan wadah dengan semakin tingginya minat dan kepedulian masyarakat terhadap sains dan teknologi.

10. Tahura
 Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda terletak di kawasan Dago Pakar , Cimenyan Bandung merupakan tempat tujuan yang sangat baik sebagai pariwisata alam dan juga untuk tempat pengembangan pendidikan.

Link terkait:

http://tahuradjuanda.jabarprov.go.id/                                                                                                                                                                                                                                                        


















n







































































***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar