Minggu, 30 Juni 2013

Metode Pengajaran Setengah Kelas

Salah satu kesulitan yang dihadapi guru dalam mengajar adalah banyaknya siswa dalam satu kelas misalnya 40 siswa. Jam mengajar yang penuh, waktu mengajar siang hari, dan materi yang diajarkan cukup sulit, memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi.

Ada sebuah metode pengajaran sederhana untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu metode pengajaran setengah kelas. Berikut ini persiapan dan langkah kegiatan menggunakan metode pengajaran setengah kelas.

Persiapan.
  1. Diperlukan 2 ruang yang nyaman.Satu ruang dapat menggunakan ruang kelas itu sendiri, dan satu lagi bisa menggunakan tempat diluar ruangan seperti selasar sekolah, ruang baca perpustakaan atau ruang laboratorium.
  2. Metode mengajar setengah kelas memerlukan waktu 2 jam pelajaran (2 x 45 menit atau 2 x 40 menit)
  3. Siapkan tugas untuk siswa dalam durasi waktu 1 jp (40’ atau 45’). Usahakan tugas dapat diselesaikan siswa secara mandiri dan mudah, seperti mengisi Teka-teki silang  dari materi yang tidak ada perhitungan, membuat mind mapping, atau menyelesaikan tugas-tugas lain baik secara individu atau kelompok.
Langkah kegiatan
  1. Bagi satu kelas dalam 2 kelompok besar secara heterogen. Jika satu kelas berisi 40 siswa, maka masing-masing kelompok terdiri dari 20 siswa. Kelompok pertama tetap tinggal di dalam ruang kelas, sedangkan kelompok yang lain pindah ke tempat lain yang sudah disiapkan.
  2. Kelompok pertama dalam ruang kelas akan mendapat penjelasan dari guru tentang topik yang cukup sulit (perhitungan atau penurunan rumus). Guru menjelaskan dalam kelas yang berisi 20 siswa. Usahakan penjelasan hanya membutuhkan waktu 30 menit, sisa waktu 10 atau 15 menit dapat digunakan untuk latihan soal pemantapan.
  3. Kelompok kedua yang pindah ke tempat lain, mendapat tugas secara mandiri dari guru. Agar suasana tetap kondusif tunjuk beberapa siswa menjadi koordinator kelompok  untuk menjaga ketertiban.
  4. Setelah satu jam pelajaran pertama selesai, kedua kelompok besar bertukar tempat. Sehingga dalam 2 jp, setiap siswa akan mendapatkan 2 materi yang berbeda.
Metode mengajar setengah kelas efektif dilakukan pada kelas besar yang sebagian besar siswanya ‘kurang’, materi sulit (perhitungan/penurunan rumus), jam mengajar siang hari (siswa sudah capek/jenuh),  dan guru tidak dapat menguasai kelas besar.
Kelebihan metode ini adalah siswa merasa senang karena hanya perlu berkonsentrasi 1jp, sedangkan 1 jp kedua mengerjakan tugas dengan tutor sebaya dan guru lebih mudah menguasai kelas karena hanya fokus pada 20 siswa (kelas kecil).
Kelemahan metode ini adalah guru perlu menjelaskan materi yang sama pada satu kelas sebanyak 2 kali. Selain itu perlu koordinasi yang mendalam dengan kelompok yang mengerjakan tugas mandiri untuk menciptakan suasana kondusif.
Metode mengajar setengah kelas memang belum dibuktikan secara teori oleh praktisi kependidikan, tetapi metode ini cukup ampuh dan praktis. Mau mencoba?!

sumber foto : http://my-school-guides-info.blogspot.com/2011_08_01_archive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar