Rabu, 07 Desember 2016

Eksperience Siswa Untuk Guru (Siswa Mengajar Guru Belajar)

Allen C. Price PhD saat memberikan workshop
Pendidikan merupakan suatu proses yang berkesinambungan dalam rangka untuk memanusiakan manusia. Metode dan strategi pembelajaran perlu ditingkatkan dalam menghadapi kemajuan jaman yang sudah global. Salah bentuk pengabdian dan pengembangan kemajuan di bidang pendidikan, Fakultas Teknik Atma Jaya mengadakan Workshop Edukasi Sains Fisika bagi guru-guru SMA Oleh : Allen Price, PhD Emmanuel College, Boston – USA pada hari Senin, 30 Mei 2016 pukul 08.00 – 16.00 bertempat di Gedung K2 Lantai 2 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang berlokasi di Jln. Jend. Sudirman No 51. Jakarta. Dalam workshop tersebut di undang pembicara tunggal seorang Dosen dari Emmanuel College, Boston USA yaitu Allen Price, PhD yang mengangkat tema Sudah Tepatkah Pendekatan Pengajaran Guru pada Era Globalisasi?

Kedatangan beliau ke Indonesia dalam rangka program beasiswa Fulbright Amerika Serikat

Peserta workshop berfoto dengan pembicara Allen C. Price PhD
Sebanyak 20 guru Fisika dari berbagai sekolah di JABODETABEK mengikuti workshop ini, diantaranya dari SMA Tarakanita Gading Serpong Tangerang, SMA Al Azhar Pondok Labu Jakarta, SMA Strada Thomas Aquino, SMA Regina Pacis Jakarta, SMA Saint John Meruya Jakarta, Sekolah Pelita Harapan Cikarang dan lain-lain.

Semua pendekatan pengajaran pada dasarnya tidak lepas dari Taksonomi Bloom. Ada 6 tingkat kemampuan dalam Toksonoi Bloom yang dicapai oleh siswa :

1. Remembering (mengingat)
  • mengulang kembali, mengingat, mengetahui dari memori jangka panjang

2. Understanding (memahami)
  • Membangun pengetahuan dari lisan, tulisan, grafik, gambar
  • Menginterpretasikan, memberi contoh, menyimpulkan, mengkalsifikasikan
  • Merangkum, membandingkan, menjelaskan

3. Applying (mengaplikasikan)

  •  Melaksanakan suatu prodder dalam mempimplementasikan atau menjalankan suatu konsep

4. Analyzing (menganalisa)
  • memecah materi dalam bagian-bagian
  • menentukan bagaimana suatu bagian saling  berelasi dalam suatu struktur keseluruhan

5. Evaluating (mengevaluasi)
  • Membuat pertimbangan dan keputusan sesuai kriteria dan standar pengkritisan dan pengamatan.

6. Creating (mengkreasikan)
  • Menempatkan berbagai elemen secara bersama untuk membentuk kesatuan yang utuh secara fungsional
  • Mengorganisasi bagian ke dalam suatu pola baru melalui perencanaan dan produksi


Salah satu pendekatan pengajaran yang sesuai dengan era gobalisasi adalah Active Learning (Group Assignment) dengan beberapa ciri yaitu siswa terlibat dan bertanggungjawab atas proses pembelajaran, adanya aktivitas dalam kelompok, adanya interaksi dalam kelas, baik antar siswa maupun siswa dengan guru, beragam model pengajaran dan pembelajaran serta suasana kelas yang dinamis. Beberapa jenis model dari Active Learning adalah Problem Solving, Brainstroming, Question Generation, Recall/Summarize, Class teams, Think-Pairs-Share, Try-Talk-Try again, Cooperative Note-Taking Pairs, Question and Answer Pairs. 



Sebelum melakukan Active Learning ada 4 hal yang perlu dipersiapkan dengan matang, pembentukan kelompok, peran dari setiap anggota, prosedur yang jelas, dan melaporkan hasil dari kerja kelompok secara acak, agar siswa merasa dihargai atas hasil kerja mereka. 


Setiap model pembelajaran pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan. Berikut adalah kelebihan dari Active Learning yaitu meningkatkan peran serta siswa, perhatian yang lebih baik, lebih menyenangkan, siswa mmpunyai cara sendiri untuk memahami topik. Sedangkan beberapa kelemahan dari metode ini adalah waktu dan cakupan materi yang banyak dan memungkinkan terjadi miskonsepsi suatu materi.

Kegitan lain selain pemberian materi active Learning oleh Allen Prince, PhD adalah kegiatan pratikum dan kunjungan laboratorium yang ada di Fakultas Teknik Mesin dan Fakultas Teknik Elektro di  Atma Jaya Jakarta. Berikut adalah foto-foto kegiatan pratikum dan kunjungan laboratorium : 

Pratikum Listrik Hukum Kirchoff Guru Fisika bersama dengan 
Asisten Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Atma Jaya
Diagram Fasor pada Layar monitor dari tegangan Capasitor
pada Rangkaian Daya Listrik

Alat Uji Impact (Impact Testing Machine)
di Laboratorium Karakterisasi dan Rekayasa Material

Tidak ada komentar:

Posting Komentar